Wednesday, November 7, 2018

Install Driver Windows 8 Gagal Terus ? Ini Dia Solusinya !


Masalah :

Ketika mencoba menginstall driver di Windows 8 selalu gagal, sudah coba menggunakan driver yang lain tetapi hasilnya sama selalu gagal install driver seperti gambar berikut.

Gagal install Driver
Gagal Install Driver

Solusi :

Hal tersebut terjadi karena pada windows 8 terdapat fitur Driver Signatur Enforcement yang merupakan pengamanan yang tidak akan mengijinkan terinstallnya driver yang tidak memiliki digital signature. Software yang terpercaya biasanya memiliki driver yang sudah ditandatangani secara digital. Tetapi karena DSE ini ada sejak Windows 8, banyak driver untuk Windows sebelum Win 8 yang tidak disigned sehingga akan diblok oleh fitur ini.

Untuk mengatasinya kita perlu mendisable fitur DSE ini, berikut langkah-langkahnya :
  1. Masuk ke Settings -> Change PC Settings 
  2. Pada PC Settings pilih menu Update and Recovery
  3. Pada Update and Recovery pilih menu Recovery maka akan muncul beberapa pilihan.
  4. Pada Advanced Start-up tekan tombol Restart Now. Komputer akan melakukan restart dan akan masuk ke mode Advanced Start-up.
  5. Setelah komputer merestart ke mode Advanced start-up klik pilihan Troubleshoot -> Advanced Options -> Startup Settings -> Restart.
  6. Lalu ketika muncul pilihan Startup Settings tekan F7 atau angka 7 untuk menonaktifkan Driver Signature Enforcemet.
  7. Selesai.
Silahkan anda lakukan install driver yang sebelumnya gagal, mudah-mudahan dengan cara ini driver bisa terinstall dengan baik. 

Catatan :

Cara ini hanya untuk menonaktifkan Driver Signature Enforcement secara sementara, ketika kita merestart komputer kita maka fitur DSE akan aktif kembali. 

Itulah cara untuk mengatasi masalah gagal install driver pada windows 8. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0 komentar:

Post a Comment