Sunday, March 31, 2019

Cara Merubah Tipe Partisi dari MBR ke GPT tanpa Format Harddisk



Pertanyaan :

Bagaimana merubah partisi harddisk dari MBR ke GPT tetapi saya tidak ingin kehilangan data ? Apakah bisa ?

Jawaban :

Pertanyaan tersebut biasanya muncul ketika kita hendak melakukan install ulang windows tetapi terkendala karena tipe partisi harus GPT sedangkan harddisk kita tipenya MBR. Pada postingan sebelumnya Teknolongin pernah membahas bagaimana merubah partisi dari MBR ke GPT melalui command prompt, tetapi cara tersebut beresiko karena harddisk akan terformat dan semua data akan hilang. Lalu bagaimana cara agar kita bisa merubah tipe partisi tanpa format harddisk ? Caranya sangat mudah, kita bisa memanfaatkan sebuah software yang bernama Minitool Partition Wizard, aplikasi ini memungkinkan kita merubah tipe partisi harddisk tetapi data-data pada harddisk tersebut tetap ada dan tidak akan hilang. 

Cara Merubah Tipe Partisi Menggunakan Minitool Partition Wizard

Sebelumnya silahkan download dulu aplikasinya dari situs officialnya langsung karena aplikasi ini dibagikan secara gratis. Klik disini.
Minitool Partition Wizard
Minitool Partition Wizard
  1. Install Aplikasi Minitool Partition Wizard lalu Buka Aplikasi tersebut
  2. Pilih Disk and Partition Management lalu akan muncul tampilan utama dari Minitool Partition Wizard.
  3. Untuk mulai merubah tipe partisi dari MBR ke GPT caranya klik pada Disk yang bertuliskan Basic MBR lalu disebelah kiri ada pilihan Convert MBR Disk to GPT Disk lalu pilih Apply untuk mulai konversi (Lihat Gambar).
  4. Tunggu hingga proses konversi selesai dan partisi akan berubah dari MBR ke GPT
Nah itulah bagaimana merubah tipe partisi dari MBR ke GPT atau sebaliknya menggunakan aplikasi Minitool Partition Wizard. Sekarang anda tinggal kembali melanjutkan install ulang windows.

Saya sudah tidak bisa masuk ke windows karena drive C sudah saya format, bagaimana menginstall aplikasinya ?

Bagi anda yang sudah terlanjur memformat drive C, kita bisa menginstall Aplikasi Minitool Partition Wizard ini melalui USB Bootable caranya hampir sama ketika kita membuat USB Bootable untuk installasi windows, kita bisa menggunakan aplikasi rufus untuk membuatnya. Berikut langkah-langkah membuat bootable USB untuk Minitool Parition Wizard.

Rufus
Rufus
  1. Siapkan sebuah flashdrive yang akan dijadikan bootable USB
  2. Download Rufus lalu jalankan aplikasi tersebut
  3. Pada device arahkan ke Flashdrive lalu klik icon CD (lihat gambar) untuk memilih iso image dari Minitool Partition Wizard (Download disini)
  4. Tekan tombol Start untuk mulai membuat USB Bootable dari Minitool Partition Wizard
Catatan :
Flashdrive yang dijadikan bootable tadi akan diformat oleh rufus jadi pastikan anda membackup dahulu data-data pada flashdrive tersebut sebelum menggunakannya.

Setelah selesai silahkan restart komputer anda lalu masuk ke BIOS dan atur Boot Prioritynya ke Removable Disk untuk menjalankan Minitool Partition Wizard melalui booting. Lakukan langkah-langkah merubah partisi menggunakan Minitool Partition Wizard seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah. Terima Kasih.

3 komentar:

  1. Terimakasih informasi yang bermanfaat jazakumullahu khairan

    ReplyDelete
  2. sekarang aplikasinya sudah berbayar -_-

    ReplyDelete
  3. Setelah konvert partisi apa OS nya hilang dan instal ulang?

    ReplyDelete