Tuesday, August 29, 2023

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF dengan Banyak Sheet


 Pertanyaan : 

Bagaimana cara mengubah file excel menjadi file PDF yang didalamnya terdapat banyak sheet ?. Saya tidak ingin menggunakan cara Online atau menginstall aplikasi tambahan.

excel-ke-pdf-banyak-sheet


Jawaban :

Untuk mengubah file excel menjadi file PDF bisa dilakukan secara langsung melalui microsoft excel, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file excel yang akan dijadikan PDF kemudian atur dulu tampilan printnya agar nanti ketika dijadikan PDF tidak ada halaman yang terpotong, bisa dilakukan melalui Tab PAGE LAYOUT -> Print Area.
  2. Atur juga ukuran kertas dan orientasinya agar sesuai sehingga ukuran tabelnya tidak kekecilan ataupun kebesaran.
  3. Cek pada menu VIEW -> Page Break Preview apakah ada halaman yang terpotong atau tidak, pastikan tidak ada yang terpotong.
  4. Jika sudah sesuai saatnya untuk menyimpannya menjadi file PDF dengan mengklik menu FILE -> Save As kemudian pada pilihan Save as Typenya ubah menjadi PDF.
  5. Jika ingin menyimpan semua Sheet klik dulu tombol Options kemudian pada pilihan Publish Whatnya pilih Entire Workbook. Klik OK lalu klik tombol Save.
  6. Maka sebuah file PDF akan berhasil dibuat.
Anda bisa melihat video tutorialnya dibawah ini :


Demikian tutorial kali ini mengenai Cara Mengubah File Excel ke PDF dengan Banyak Sheet, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan Semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment