Monday, December 30, 2019

Penyebab 'Reboot and Select Proper Boot Device' dan Solusi Mengatasinya


Masalah :

Ketika dinyalakan layar monitor tiba-tiba menampilkan pesan Reboot and Select Proper Boot Device, Or Insert Boot Media in Selected Boot device and press a key_, saya tidak bisa masuk ke sistem operasi, bagaimana solusinya ?
Reboot and select proper boot device
Reboot and select proper boot device

Solusi :

Penyebab masalah tersebut bisa disebabkan karena software maupun hardware terutama Harddisk, untuk mengetahuinya bisa anda coba cek terlebih dahulu apakah Harddisk terbaca pada BIOS atau tidak, caranya :
  1. Tekan tombol CTRL + ALT + DEL untuk melakukan restart dari pesan error tadi
  2. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol DEL atau F2 
  3. Masuk ke bagian Boot dan lihat di Boot Priorities apakah Harddisk terbaca atau tidak, jika terbaca lanjutkan ke langkah ke-4.
  4. Masuk ke menu Advanced kemudian cari OS Selection lalu ganti dari Legacy OS menjadi UEFI OS
  5. Simpan pengaturan dan cobalah restart apakah komputer atau laptop sudah normal kembali atau tidak.
Jika Harddisk tidak terbaca maka kemungkinan masalah berada pada Hardwarenya, cobalah periksa Harddisk Anda apakah terpasang dengan benar, kalau perlu bersihkan port tempat memasang Harddisk dan coba ganti kabel yang menghubungkan harddisk dengan motherboard. Periksa Harddisk anda dikomputer lain, jika masih tidak terbaca kemungkinan Harddisk sudah rusak.

Itulah Penyebab 'Reboot and Select Proper Boot Device' dan Solusi Mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

1 komentar: