Friday, January 24, 2020

Cara Menambahkan Lebih dari Satu Alamat IP pada Komputer dalam Jaringan LAN



IP Address atau Alamat IP merupakan sebuah alamat khusus untuk komputer yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Alamat IP terdiri dari alamat jaringan dan alamat host. Pada jaringan LAN sebuah komputer client agar bisa terhubung pada server maka IP addressnya harus berada pada alamat jaringan yang sama. Pada beberapa kasus kita harus mengganti IP address ke alamat jaringan yang lain misalnya agar terhubung ke internet atau ke sebuah sistem aplikasi yang mengandalkan jaringan. Supaya IP address sebelumnya tidak hilang dan masih bisa terhubung dengan IP yang lain maka kita bisa menambahkan lebih dari satu IP Address pada komputer. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Menambahkan Lebih dari Satu Alamat IP pada Komputer dalam Jaringan LAN

  1. Masuk ke Control Panel -> Network & Internet -> Network and Sharing Center
  2. Klik pada Network Adapter kemudian klik kanan pada Ethernet atau Local Area Connection lalu pilih Properties
  3. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)
  4. Pastikan Use the following IP Address sedang dipilih kemudian klik tombol Advanced
    Internet Protocol V4
    Internet Protocol V4

  5. Untuk mulai menambah IP Address klik pada tombol Add lalu masukan IP Address pada kolom yang tersedia beserta Subnet Masknya.
    IP Settings
    IP Settings
  6. Klik OK untuk menyimpan
Cobalah tes koneksi IP address baru tadi dari komputer lain yang sama-sama terhubung dan menggunakan IP yang sama alamat jaringannya dengan menggunakan perintah PING(spasi)IP address pada CMD. jika hasilnya terhubung berarti IP addres baru sudah berhasil ditambahkan.

Itulah informasi mengenai Cara Menambahkan Lebih dari Satu Alamat IP pada Komputer dalam Jaringan LAN, semoga informasi ini bermanfaat. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment