Friday, January 17, 2020

Mengatasi USB HP yang Tidak Terbaca Pada Komputer/Laptop


Kabel USB selain sebagai alat untuk melakukan pengisian baterai pada HP bisa juga sebagai alat untuk menghubungkan HP ke perangkat lain seperti komputer/Laptop, dimana kita bisa saling bertukar data dari HP ke komputer atau sebaliknya dengan proses yang cepat. Namun kadangkala kabel USB kita tiba-tiba tidak terbaca pada komputer ketika kita mencoba menghubungkannya. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Kabel USB
Kabel USB

Cara Mengatasi USB HP yang Tidak Terbaca Pada Komputer/Laptop

Berikut ini beberapa solusi yang bisa anda lakukan agar HP anda terbaca pada komputer atau laptop.
  1. Periksa kabel USB anda apakah ketika dihubungkan ada bunyi atau tidak, jika tidak kemungkinan kabelnya sudah rusak, cobalah ganti dengan kabel USB yang lain (kadangkala beberapa kabel USB tidak support untuk sebagian perangkat dan hanya melakukan charge baterai saja).
  2. Pastikan Anda telah mengaktifkan mode MTP pada HP anda ketika kabel dihubungkan (Ganti modenya dari Hanya Isi Daya menjadi Transfer File)
  3. Pindahkan port USBnya ke port yang lain, bisa saja port yang biasa anda gunakan sedang bermasalah.
  4. Coba restart dulu HP anda mungkin saja software HP anda sedang bermasalah. (bisa juga anda merestart komputer/laptop anda)
  5. USB driver untuk HP Anda belum terinstall, beberapa HP mungkin memerlukan install driver terlebih dahulu untuk bisa terbaca pada komputer.
Jika keperluan anda adalah untuk mengirim data dari HP ke Laptop atau sebaliknya anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan menggunakan Wifi dengan menggunakan aplikasi seperti SHARE It atau sejenisnya.

Nah itulah beberapa solusi untuk Mengatasi USB HP yang Tidak Terbaca Pada Komputer/Laptop, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment