Tuesday, March 3, 2020

Mengatasi Icon Baterai Laptop Tidak Mengisi (Tanda Silang)


Salah satu keunggulan laptop daripada komputer adalah adanya baterai yang memungkinkan laptop untuk bisa digunakan tanpa perlu dihubungkan dengan arus listrik. Namun semakin lama biasanya kekuatan baterai semakin lama akan berkurang. Bahkan kadangkala pada beberapa kasus ketika laptop dinyalakan sambil dicharge ternyata icon baterai tidak menunjukan adanya proses pengisian tetapi malah menunjukan tanda silang x warna merah. Sudah direstart beberapa kali tetapi masalah tersebut masih belum teratasi. Sebenarnya penyebab dari masalah tersebut bisa disebabkan oleh driver baterai yang bermasalah ataupun kerusakan pada baterai. 

Baterai Laptop Tidak Mengisi
Baterai Laptop Tidak Mengisi

Mengatasi Icon Baterai Laptop Tidak Mengisi (Tanda Silang)

Beberapa langkah yang bisa kita coba adalah mulai dari pengecekan software terlebih dahulu yaitu pengecekan pada driver baterai. berikut langkah-langkahnya :
  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard maka akan muncul sebuah kotak Run
  2. Ketikan devmgmt.msc kemudian tekan OK
  3. Pada jendela Device Manager yang muncul klik pada bagian Batteries kemudian klik kanan pada Microsoft AC Adapter kemudian pilih Disable lalu klik tombol Yes.
  4. Lakukan hal yang sama pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery, klik kanan pilih disable lalu klik tombol Yes.
  5. Restart Laptop kemudian Enablekan lagi kedua driver tersebut lalu cek apakah icon baterai sudah berubah atau masih tanda silang X.
Apabila icon baterai masih tidak mengisi (tanda silang x) maka kemungkinan masalah berada pada baterai yang sudah rusak dan perlu diganti, tetapi ada baiknya anda coba cek dulu ke tempat service terdekat bisa jadi kerusakan bukan pada baterainya tetapi pada mainboard (penghubung baterai ke mainboard).

Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk Mengatasi Icon Baterai Laptop Tidak Mengisi (Tanda Silang), semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment