Friday, March 13, 2020

Cara Menambah Kapasitas Drive C tanpa Harus Install Ulang



Harddisk merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk data-data pada sebuah sistem komputer, biasanya isi dari harddisk dibagi-bagi menjadi beberapa drive, misalnya drive C sebagai tempat tersimpannya sistem operasi komputer beserta programnya dan drive D, E untuk menyimpan data-data. Kadangkala ukuran drive C yang terlalu kecil dan terlalu banyak program bisa membuat drive C menjadi penuh dan akan mempengaruhi pada kinerja sistem operasi biasanya menjadi sedikit lambat.  Untuk mengatur ukuran drive biasanya dilakukan pada saat menginstall ulang komputer, namun cara tersebut sebenarnya kurang efektif karena kita harus menginstall kembali semua program dan driver-driver pada komputer serta membackup data terlebih dahulu.

Extend Partition drive C
Extend Partition drive C

Cara Menambah Kapasitas Drive C tanpa Harus Install Ulang

Cara termudah adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi gratis yaitu Minitool Partition Wizard yang memungkinkan kita untuk menambah kapasitas drive C tanpa harus install ulang dan data tetap aman. Cara kerjanya adalah dengan dengan mengambil dari kapasitas drive lain yang masih tersedia lalu menambahkannya pada drive C. berikut langkah-langkahnya:
  1. Download aplikasi Minitool Paritition Wizard
  2. Install lalu jalankan, pada menu yang muncul pilih pada Disk & Partition Management
  3. Akan muncul daftar Drive yang ada pada komputer/laptop
  4. Klik kanan pada drive yang akan dipecah, misal: kita ingin menambah kapasitas drive C dengan mengambil sebagian kapasitas dari drive D, caranya klik kanan pada drive D kemudian pilih Split
  5. Masukan jumlah kapasitas ruang yang akan dipecah dari drive tersebut kemudian klik OK maka akan muncul sebuah drive baru
  6. Klik kanan pada drive baru tersebut kemudian pilih Delete sehingga akan menghasilkan Unallocated disk (disk yang akan ditambahkan pada drive C)
  7. Klik kanan pada Drive C kemudian pilih Extend
  8. Akan muncul jendela baru, pada Take free space from pilih Unallocated lalu atur jumlahnya sampai jumlah Maksimal lalu klik OK
  9. klik Apply untuk menerapkan perubahan
  10. Tunggu beberapa saat hingga pemrosesan disk selesai
Setelah proses penambahaan size selesai, lihatlah ukuran drive C seharusnya sudah bertambah dan data-data anda tetap aman. Selain untuk pengaturan disk, aplikasi ini juga bisa untuk melakukan recovery data apabila data-data kita terformat.

Versi video bisa anda lihat disini.

Itulah solusi tentang Cara Menambah Kapasitas Drive C tanpa Harus Install Ulang, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.



1 komentar:

  1. Terima kasih admin,
    Tutorialnya Working 100 %

    👍👍👍

    ReplyDelete