Wednesday, May 13, 2020

Ada Perangkat Lain yang Menggunakan Akun Google Kita ? Amankan Pakai Cara Ini !


Sesuai dengan judul postingan ini saya akan memberikan sebuah cara bagaimana menghapus perangkat orang lain yang terhubung dengan akun google kita, tetapi sebelum lanjut ke pembahasan ada sedikit cerita terkait dengan hal ini, pada tahun 2014 lalu saya pernah memainkan sebuah game strategi namanya Clash of Clans, permainan ini dulu sangat populer dan menjadi peringkat teratas dalam game terlaris digoogle play pada masanya, untuk memainkan game ini kita wajib memiliki sebuah akun google untuk menyimpan data-data permainan kita, karena nanti kalau mau ganti perangkat kita tinggal login saja dan melanjutkan permainan.

Pada suatu hari, ketika saya sedang memainkan game ini tiba-tiba sebuah notifikasi muncul "Another Device is Connecting to This Village" (Perangkat lain sedang menghubungkan ke desa ini) kira-kira begitu pesan notifikasinya, saat pesan tersebut muncul saya otomatis keluar dari permainan karena ada perangkat lain yang memainkan game ini juga dan menggunakan akun saya. Setelah saya cek ternyata akun google saya terhubung dengan perangkat lain yang ternyata adalah HP teman saya karena dulu saya pernah meminjam untuk login di HPnya. Saya langsung menghapus akses ke akun saya karena takutnya nanti akun saya disalahgunakan.

Kesimpulan dari cerita tersebut adalah kita harus berhati-hati ketika login di perangkat lain pastikan kita logout setelah selesai, jangan sampai terjadi hal-hal yang merugikan kita karena ada orang lain yang punya akses ke akun kita, cerita diatas hanya contoh sederhana saja, bayangkan kalau akun kita digunakan untuk kejahatan ataupun penipuan dengan mengatas namakan diri kita (jangan sampai terjadi). Nah, supaya hal-hal tersebut tidak terjadi berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengamankan akun anda.


Perangkat Asing Terhubung ke Akun Google
Perangkat Asing Terhubung ke Akun Google

Cara Menghapus/Logout Perangkat Orang Lain yang Terhubung di Akun Google Kita

  1. Buka Browser kemudian masukan url : https://myaccount.google.com/ pada address bar
  2. Klik tombol Login dan masukan email dan password akun google yang akan diamankan
  3. Setelah berhasil login, pada bagian Masalah Keamanan Ditemukan pilih Amankan Akun
    Amankan Akun
    Amankan Akun
  4. Klik pada bagian Perangkat Anda maka akan muncul daftar perangkat yang terhubung pada akun google kita.
    Logout Perangkat Lain
    Logout Perangkat Lain
  5. Jika terdapat perangkat yang tidak kita kenal maka segera Logout perangkat tersebut dari akun kita caranya klik icon titik tiga pada perangkat yang akan dihapus kemudian pilih Logout, jika ada popup konfirmasi pilih Ya dan perangkat tersebut akan otomatis logout dari akun kita.
Anda juga bisa menonton video kami untuk lebih jelasnya disini : https://youtu.be/nolStiye6gI

!Tips :
Sebaiknya kita ganti juga passwordnya untuk berjaga-jaga bila mana orang lain tersebut juga ternyata mengetahui password akun google kita.

Cara Mengubah Sandi Akun Google

  1. Buka kembali url : https://myaccount.google.com
  2. Klik pada menu Keamanan yang ada disebelah kiri
  3. Pada bagian Login Ke Google klik pada pilihan Sandi
    Sandi Akun Google
    Sandi Akun Google
  4. Masukan kata sandi akun kita kemudian klik tombol Berikutnya maka kita akan dibawa pada Halaman untuk mengubah kata sandi
  5. Masukan Sandi baru dan Konfirmasi Sandi Baru (pastikan sandinya kuat dan mudah diingat)
  6. Klik tombol Ubah Sandi untuk mengubah kata sandi Akun google kita.
Selain mengubah sandi pada bagian Kemanan -> Login ke Google anda juga bisa menggunakan Ponsel untuk login atau mengaktifkan verifikasi 2 langkah agar akun anda semakin aman.

Itulah bagaimana cara mengamankan akun google kita dengan Menghapus/Logout Perangkat Orang Lain yang terhubung di akun google kita, semoga bermanfaat jangan lupa logout ketika kita ikut login di perangkat lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment