Sunday, May 10, 2020

Mengatasi IMEI Invalid/Hilang Setelah Flash di HP Android


Hari ini saya melakukan flash pada HP Android jadul saya yaitu Cross A88 yang ternyata masih bisa menyala hanya saja mungkin karena sudah lama tidak dipakai tiba-tiba saat dinyalakan malah bootloop, setelah saya flash akhirnya bisa masuk ke tampilan homescreen namun ternyata ada masalah baru yang muncul yaitu IMEInya tiba-tiba hilang atau Invalid mungkin karena kesalahan flash atau apa saya kurang tahu katanya sih harus dibackup dulu IMEInya, . Karena kebetulan saya sedang butuh HP ini saya coba cari cara supaya IMEInya balik lagi, karena HP ini akan saya berikan untuk ayah saya yang kemarin HPnya rusak gara-gara kena Air.


Invalid IMEI


Setelah mencari kesana kemari (wkwk) akhirnya saya menemukan solusi yang paling ampuh (karena beberapa cara yang saya temukan tidak membuahkan hasil), berikut cara yang berhasil saya lakukan :

Mengatasi IMEI Invalid/Hilang Setelah Flash di HP Android

Persiapan :
  1. Catat terlebih dahulu IMEI yang ada pada HP kita, biasanya terdapat dibagian belakang HP, atau dibalik batrei atau di Dus HPnya.
  2. Pastikan HPnya sudah di Root terlebih dahulu.

Cara #1 - Menggunakan MTK Engineering Mode

Langkah-langkah : 
  1. Buka panggilan kemduian dial *#*#3646633#*#* maka akan masuk pada engineering mode
  2. Arahkan ke Tab Connectivity > Cds Information > Radio Information
  3. Pilih Phone 1 kemudian masukan perintah berikut : AT+EGMR=1,7,"MASUKAN No. IMEI 1" kemudian klik Set at Command
  4. Pilih Phone 2 kemudian masukan perintah berikut : AT+EGMR=1,10,"MASUKAN No. IMEI 2" kemudian klik Set at Command
  5. Reboot/Restart HPnya kemudian coba cek IMEI dengen dial *#06#.

Cara #2 - Menggunakan aplikasi Mobileuncle Tools

Install terlebih dahulu apk Mobileuncle Tools anda bisa mencarinya di Google.

Langkah-langkah :

  1. Buka aplikasinya kemudian klik Engineer Mode > Engineer Mode (MTK) kemudian arahkan ke Tab Connectivity > Cds Information > Radio Information
  2. Pilih Phone 1 kemudian masukan perintah berikut : AT+EGMR=1,7,"MASUKAN No. IMEI 1" kemudian klik Set at Command
  3. Pilih Phone 2 kemudian masukan perintah berikut : AT+EGMR=1,10,"MASUKAN No. IMEI 2" kemudian klik Set at Command
  4. Reboot/Restart HPnya kemudian coba cek IMEI dengen dial *#06#.

Nah, itulah cara yang sudah saya lakukan dan berhasil mengembalikan IMEI HP yang Invalid atau Hilang setelah flash, semoga cara ini juga berhasil anda lakukan, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar atau kalau anda punya cara lain yang lebih  ampuh jangan sungkan untuk menuliskannya juga dibawah ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment