Saturday, June 20, 2020

Cara Membuat No. Urut Otomatis pada Tabel Microsoft Word


Pada postingan kali ini Teknolongin akan memberikan sebuah trik bagaimana membuat no. urut secara otomatis pada tabel microsoft word. Di Microsoft Excel kita bisa menggunakan fitur fill series, atau fungsi penambahan dari cell yang dicopy, tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan di Microsoft Word. Biasanya untuk membuat no. urut di microsoft word harus kita tulis manual satu-satu. Jika hanya beberapa no mungkin tidak masalah, tetapi bagaimana jika kita harus menuliskannya untuk 100 atau lebih no. urut pada tabelnya tentunya hal tersebut akan sangat melelahkan dan memakan waktu.


Cara Membuat No. Urut Otomatis pada Tabel Microsoft Word

Trik yang digunakan adalah dengan memanfaatkan fitur Numbering pada Microsoft Word, berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka dokumen yang berisi tabel yang akan diberikan no. Urut
  2. Blok kolom dan baris yang akan diberikan no. urut secara otomatis
    Blok Kolom No. Urut
    Blok Kolom No. Urut
  3. Klik menu Home lalu pada bagian Paragraph pilih Numbering kemudian pilih no. urut yang ingin digunakan, secara otomatis no. urut yang kita pilih akan berada di dalam kolom dan baris yang anda blok.
    Numbering
    Numbering
  4. Untuk mengatur penulisan no. urut caranya blok semua no.urut tadi kemudian klik tanda panah kecil disebelah Numbering kemudian pilih Define New Number Format...
    Define New Number Format
    Define New Number Format
  5. Pada jendela baru yang muncul anda bisa mengatur penulisannya pada bagian Number Style untuk mengubah penulisannya misalnya menjadi angka romawi, atau pada bagian Number Format untuk menambahkan tanda titik atau menghapus tanda titiknya, atur juga pada Bagian Alignmentnya (Left untuk menempatkan no. disebelah kiri, Right disebelah kanan dan Center untuk penempatan di tengah).
    New Number Format
    New Number Format
  6. Klik OK maka penulisan no.urut telah berhasil anda rubah
  7. Anda juga bisa menggeser posisi dari no.urut dengan menariknya ke arah kiri/kanan untuk menempatkan posisinya apabila posisi no urut terlalu ke sebelah kiri/kanan.
    Tabel Microsoft Word
    Tabel Microsoft Word

Versi video untuk penjelasan lebih detail bisa anda lihat pada tautan berikut : https://youtu.be/CivqoPAJU2Q

Itulah trik bagaimana membuat no.urut secara otomatis pada tabel microsoft word, semoga dengan cara ini penulisan no.urut jadi lebih cepat pastinya akan menghemat waktu dan tenaga kita. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment