Friday, July 17, 2020

Solusi SMS OTP Tidak Dapat Terkirim


Pada kesempatan kali ini Teknolongin akan membagikan sebuah informasi tentang bagaimana cara mengatasi SMS OTP yang tidak dapat terkirim, ini dialami oleh banyak orang khususnya yang hendak melakukan pendaftaran/aktivasi mobile banking. 


Solusi SMS OTP Tidak Dapat Terkirim

#1. Pastikan Pulsa Anda Mencukupi

Cek Pulsa
Cek Pulsa

Hal pertama yang harus anda cek adalah pastikan pulsa anda mencukupi, karena untuk bisa mengirim sms otp ini dikenakan biaya biasanya berkisar antara 500-1000. Meskipun anda memiliki paket sms gratis tetapi untuk mengirim OTP paket tersebut tidak dapat digunakan.

Untuk pengguna kartu Halo yang harus anda cek adalah limit penggunaan kartu halo anda, pastikan limitnya belum penuh, untuk cek limit anda bisa melihat pada aplikasi My Telkomsel. lebih lanjut tentang limit kartu halo anda bisa membaca postingan sebelumnya disini.

#2. Cek Pengaturan SMSC Kartu Anda

Cek apakah no. SMSC (Short Message Service Center) sudah benar atau belum, biasanya sudah diatur secara default tetapi bisa saja berubah tanpa diketahui. untuk masing-masing provider memiliki no. SMSC yang berbeda, berikut daftar no. SMSC default untuk beberapa provider yang ada di Indonesia :
  • Telkomsel : +6281100000
  • XL : +62818445009 atau +628184450095
  • Indosat : +628216124 (Mentari/Matrix) atau +628550000 (IM3)
  • AXIS : +628315000032
  • Smartfren : +628811223344
  • Tri (3) : +6289644000001
Bagi pengguna samsung untuk melihatnya anda bisa masuk ke aplikasi SMS kemudian klik icon titik tiga dibagian pojok kemudian klik Pengaturan SMS lalu cari Pusat Pesan/SMS Center kemudian cek no. SMSCnya apakah sudah sesuai atau belum.

Untuk pengguna OPPO anda bisa melihatnya pada Pengaturan -> Pesan -> Lanjutan -> Nomor pusat informasi.

#3. Cek Pengaturan Jaringan Kartu

Prefered Nework
Prefered Nework

Biasanya agar jaringan stabil kita mengaktifkan pilihan 4G Only pada pilihan Prefered Network, dengan memilih 4G Only maka perangkat kita akan otomatis hanya memilih 4G sebagai jaringan yang digunakan, dampaknya adalah kita tidak bisa melakukan panggilan ataupun SMS karena jaringannya kita atur sebagai 4G only. Untuk itu periksalah pengaturan jaringan hp anda dan ubah menjadi automatic. Anda bisa melihatnya pada pengaturan jaringan di HP anda atau bisa juga melakukan panggilan ke *#*#4636#*#* kemudian klik Informasi Telepon lalu pilih Setel jenis jaringan yang disukai.

#4. Menambahkan tanda + sebelum No. Tujuan

Cobalah tambahkan tanda + sebelum mengirim ke no tujuan, misalnya nomor tujuannya adalah 3348, maka kita tambahkan tanda + didepannya menjadi +3348. cara ini patut dicoba karena beberapa orang berhasil mengirim sms otp setelah menambahkan tanda + sebelum no.nya. 

#5.  Cek Pengaturan Izin untuk SMS Premium

Dibeberapa HP terdapat izin untuk mengirim sms ke nomor premium, dimana jika izin tersebut tidak diaktifkan maka kita tidak akan bisa mengirim ke no. premium tersebut. pastikan izin tersebut diaktifkan agar kita bisa mengirim sms ke no. premium untuk mendapatkan kode otp. untuk mengaktifkan izin tersebut caranya masuk ke Pengaturan -> Manajemen Aplikasi kemudian klik titik tiga dipojok kanan atas lalu pilih Akses Khusus kemudian cari Gunakan Layanan SMS Premium pilih Layanan Pesan kemudian pilih Selalu Izinkan.

Catatan:
Jika cara-cara diatas belum berhasil silahkan restart dulu HPnya kemudian coba lagi.

Jika masih bingung anda bisa melihat video kami pada tautan berikut : https://youtu.be/kRtIpIlNY-0

Nah itulah beberapa solusi untuk mengatasi SMS OTP yang Tidak Dapat Terkirim, semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment