Thursday, January 16, 2020

Cara Mudah Sharing Printer pada Jaringan LAN


Ada banyak sekali keuntungan ketika anda terhubung pada sebuah jaringan LAN, salah satunya anda bisa melakukan print dari komputer client ke komputer server yang terpasang printer tanpa harus copy paste file yang akan diprint pada flashdisk, karena hal tersebut cukup memakan waktu dan tidak efektif. Berikut ini teknolongin akan membagikan sebuah cara bagaimana memanfaatkan jaringan LAN untuk membagikan printer supaya bisa diakses oleh client.

Cara Sharing Printer pada Jaringan LAN

  1. Pastikan seluruh komputer/laptop sudah berada dalam satu jaringan dan sudah terhubung satu sama lain. caranya anda bisa melakukan tes dengan melakukan ping pada salah satu client dengan mengetikan perintah ping(spasi)IP address client pada Command Prompt, contoh : PING 192.168.0.77. Jika hasilnya Reply from... berarti komputer sudah terhubung dengan client. jika belum anda bisa memeriksa pengaturan jaringan anda pada artikel berikut : komputer tidak terdeteksi pada jaringan.
  2. Klik tombol Start kemudian pilih Device and Printers kemudian klik kanan pada Printer yang ingin dibagikan kemudian pilih Properties.
  3. Klik pada tab Sharing kemudian ceklis pada Share this printer. Pada Share name Anda bisa memasukan nama untuk printer yang dibagikan misalnya PRINTER LAB 1.

    Share this Printer
    Share this Printer
  4. Tekan OK untuk membagikan Printer.
Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara client untuk mengakses printer yang sudah dibagikan. berikut langkah-langkahnya :

Cara mengakses printer yang sudah dibagikan (untuk Client)

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak RUN
  2. Ketikan "\\IP Address Server" atau '\\Computer Name Server" contoh : \\Indras atau \\192.168.0.1 (Computer Name bisa dilihat dengan mengetikan "Sysdm.cpl" pada kotak RUN). 
  3. Tekan tombol OK maka sebuah windows akan terbuka berisi folder dan printer yang dibagikan oleh Server yang kita Akses.

    Folder & Printer yang dibagikan
    Folder & Printer yang dibagikan

  4. Untuk menginstall printer server ke client klik dua kali pada Icon Printer (contohnya disini PRINTER LAB 1)  lalu tunggu beberapa saat hingga proses Install driver selesai.
  5. Jika sudah selesai anda bisa mulai mencoba melakukan print misalnya di Microsoft Word pada saat memilih printer pilihlah printer yang bertuliskan nama printer on nama komputer/IP (contoh : Epson L120 on Indras)
Itulah langkah-langkah untuk membagikan printer dari server ke client melalui jaringan LAN. Apabila ada yang tidak jelas silahkan tuliskan dikolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment