Monday, April 6, 2020

Cara Mempersingkat URL di Bit.ly Sesuai Keinginan Kita


URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator merupakan sebuah alamat diinternet yang akan membawa kita pada situs tertentu sesuai url yang kita buka. URL biasanya berupa alamat sebuah situs web dan halaman yang ada pada situs web tersebut misal https://teknolongin.blogspot.com/p/hubungi-kami.html akan membawa kita ke halaman kontak blog ini. Url bisa berupa url yang pendek ataupun panjang, url yang pendek ketika kita bagikan kepada orang lain maka mereka akan mudah mengingatnya dan gampang diakses sedangkan url panjang akan sulit. Untuk mengatasinya kita bisa mempersingkat url panjang tersebut dengan menggunakan situs perpendek url.

Mempersingkat URL
Mempersingkat URL

Cara Mempersingkat URL di Bit.ly Sesuai Keinginan Kita

Salah satu situs yang sering digunakan untuk mempersingkat URL adalah bit.ly, di halaman awal bitly sebenarnya kita bisa langsung memasukan URL panjang pada kolom yang tersedia maka situs bit.ly akan otomatis menggenerate sebuah URL pendek, hanya saja url pendek tersebut tidak bisa kita ubah semau kita, misal :

Url Panjang : https://www.youtube.com/channel/UCb0OeNfQ3rUhQJxy1LN-jGw/
Url Pendek : https://bit.ly/DrasMonitor

Nah, untuk bisa merubahnya menjadi URL pendak berwarna merah tebal seperti diatas kita diharuskan untuk mendaftar dulu disitus bitly tersebut, untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka situs bitly.com kemudian klik tombol Sign Up
  2. Isi data-data pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Sign Up with Email atau supaya lebih cepat anda bisa menggunakan Akun Google untuk mendaftar
  3. Klik Create Bitly Account lalu pilih For Personal Use maka anda akan diarahkan pada halaman Dashboard bitly
  4. Untuk mulai memperpendek URL klik tombol CREATE kemudian masukan URL panjang yang akan diperpendek pada kolom PASTE LONG URL lalu klik tombol CREATE
    customize-backhalf
  5. Isi Judul untuk URL tersebut pada bagian TITLE kemudian ubah URL pendek bawaan sesuai keingingan kita pada CUSTOMIZE BACK-HALF misal seperti pada contoh diatas. 
  6. Anda bisa menambahkan juga tag untuk mempermudah nanti mengelompokan URL (jika ada banyak URL)
  7. Klik tombol SAVE untuk menyimpan perubahan
  8. Anda bisa melakukan percobaan untuk URL pendek anda dengan mengaksesnya pada address bar browser dan lihat apakah mengarah pada URL panjang yang anda masukan tadi atau tidak.

Keuntungan Menggunakan Penyingkat URL

Berikut beberapa keuntungan ketika kita merubah URL panjang menjadi URL pendek yang bisa kita buat sesuai keinginan :
  1. URL akan mudah diingat, baik itu oleh kita tau orang lain yang kita bagi url tersebut
  2. URL pendek akan lebih mudah untuk diakses karena kita hanya perlu menuliskan beberapa hurup saja berbeda dengan URL panjang apalagi url tersebut berisi gabungan hurup yang sulit dibaca
  3. Kita bisa membaca statistik berapa kali url tersebut diklik dan dibuka oleh orang lain bahkan kita bisa melihat dari negara mana orang yang mengakses url kita pada dashboard bitly.
Nah itulah informasi tentang Cara Mempersingkat URL di Bit.ly Sesuai Keinginan Kita, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Versi video bisa anda lihat agar lebih jelas, disini.

Salam,

Teknolongin.

0 komentar:

Post a Comment